Welcome To My bLOg JanganLupa Tinggalkan Comment Kalau Mau jdi Member Juga Boleh.....

Sabtu, 27 Oktober 2012

Kota Tarakan



Hai all
Kali ini saya akan membagikan informasi tentang Kota kelhiran dan tempat tinggal ku, Kota Tarakan
________________________________________




Kota Tarakan merupakan kota terbesar ketiga di provinsi kalimantan timur, Indonesia dan juga merupakan kota terkaya ke-17 di Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 250,80 km² dan sesuai dengan data Badan Kependudukan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana, Kota Tarakan berpenduduk sebanyak 239.787 jiwa. Tarakan atau juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka, berada pada sebuah pulau kecil yang terletak di utara Kalimantan Timur.
Semboyan dari kota Tarakan adalah Tarakan Kota "BAIS" (Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera).


Kota Tarakan, yang secara geografis terletak pada 3°14'23" - 3°26'37" Lintang Utara dan 117°30'50" - 117°40'12" Bujur Timur, terdiri dari 2 (dua) pulau, yaitu Pulau Tarakan dan Pulau Sadau dengan luas wilayah mencapai 657,33 km².
Adapaun batas-batas wilayah sebagai berikut :
Sebelah Utara : Kecamatan Pulau Bunyu
Sebelah Timur : Laut Sulawesi
Sebelah Selatan : Kecamatan Tanjung Palas
Sebelah Barat : Kecamatan Sesayap dan Kecamatan Sekatak
Suhu udara minimum Kota Tarakan rata-rata 24,1 °C dan maksimum 31,1 °C dengan Kelembabab rata-rata 84,7%. Curah Hujan dalam 5 tahun terakhir rata-rata sekitar 308,2 mm/bulan dan penyinaran rata-rata 49,82%, telah memberikan julukan tersendiri bagi pulau ini sebagai daerah yang tak kenal musim.


Tarakan memiliki 4 kecamatan dan 20 kelurahan.
 Tarakan juga memiliki sejarah yang menarik dimana tarakan adalah kota pertama yang di duduki jepang dari seluruh kota di indonesia.

Walaupun kota ini hanya kepulauan kecil tetapi kota ini memiliki berbagai lokasi wisata yang dapat dikunjungi dan pencapaian yang sangat banayak contohnya seperti mndapatkan piala adipura dan mendapatkan piala-piala lainnya yang dapat kita lihat di Taman Gerbang Bandara Internasonal Juata Tarakan. Karena Kemajuan Kota Yanga sangat pesat selain dijuluki kota Paguntaka Kota ini juga mendapat julukan The Little Singapore.


Sekian dulu Ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar